Definisi Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi

loading…


Apa itu Globalisasi?

Definisi globalisasi menurut beberapa ahli di berbagai bidang dan pengaruh serta manfaat globalisasi, inilah yang akan diulas pada tulisan berjudul definisi globalisasi serta pengaruh atau dampak globalisasi ini dalam learniseasy.com.

Definisi globalisasi secara umum dan singkat adalah sebuah proses terbentuknya dunia tanpa batas. Walaupun begitu, globalisasi bukanlah sebuah konsep yang dapat didefinisikan dan dirumuskan dalam satu rangkaian kejadian atau sebuah proses yang dapat diartikan secara jelas mulai dari awal hingga akhir. Lebih jauh lagi, definisi globalisasi tidak dapat digunakan untuk keseluruhan manusia dan semua situasi.

Bagaimana Definisi Globalisasi

Definisi Globalisasi | Dalam mendefinisikan globalisasi memang cukup sulit. Hal ini dikarenakan globalisasi berhubungan dengan penyatuan atau integrasi atau melingkup ekonomi, kebijakan internasional dan lintas wilayah, pertukaran atau aliran ilmu pengetahuan, kestabilan dan keseimbangan kebudayaan, perkembangbiakan, hubungan dan penggunaan kekuasaan. Oleh karena definisi globalisasi yang berbeda untuk setiap situasi,

Martin Khor, mendefinisikan globalisasi sebagai colonization concurrently. Thomas Larsson dalam bukunya The Race to The top: The real story of globalization: definisi globalisasi adalah adalah proses penyusutan dunia (world shrinking) , jarak yang semakin pendek (shorten the gap) , hal-hal bergerak lebih dekat. Globalisasi berhubungan dengan semakin mudahnya seseorang dari satu sisi dunia berinteraksi dengan seseorang di sisi dunia lain dengan saling menguntungkan dalam bukunya dituliskan seperti ini :”is the process of world shrinkage, of distances getting shorter, things moving closer. It pertains to the increasing ease with which somebody on one side of the world can interact, to mutual benefit, with somebody on the other side of the world“.

Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli

Untuk memudahkan anda dalam mempelajari globalisasi, learniseasy.com akan memberikan beberapa  definisi globalisasi menurut para ahli dibawah ini:

  1. Menurut Bapak Martin Albrow, definisi globalisasi adalah semua proses yang berhubungan dengan penyatuan antara masyarakat (all the peoples) bersatu menjadi satu masyarakat dunia (single world society).
  2. Definisi Globalisasi menurut Malcom Waters dalam bukunya Globalization dijelaskan bahwa definisi Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berdampak terhadap kurang pentingnya pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya, yang terwujud di dalam kesadaran setiap individu .
  3. Immanuel Wallerstein berpendapat bahwa definisi globalisasi adalah representasi dari kemenangan kapitalis terhadap ekonomi dunia (globalization represents the triumph of a capitalist world economy) yang diikat bersama oleh divisi kerja secara global “ tied together by a global division of labour.”
  4. Menurut Peter Dicken dalam buku berjudul Global Shift bahwa definisi globalisasi adalah perbedaan kualititatif dari internasionalisasi. Globalisasi mewakili internasionalisasi yang lebih maju dan kompleks yang diperlakukan pada tingkat integrasi antara aktivitas pergerakan ekonomi internasional (“…globalization is ‘qualitatively different’ from internationalization… it represents ‘a more advanced and complex form of internationalization which implies a degree of functional integration between internationally dispersed economic activities.’” (p. 1) … “‘the degree of interdependence and integration between national economies.’)
  5. Menurut Bapak Anthony giddens, bahwa definisi globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia (Globalization can thus be defined as the intensification of worldwide social relations) sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi di lokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya “which link distant localities in such a way that local happenings are shaped by events occurring many miles away and vice versa.”
  6. Dalam bukunya, Arjun Appadurai, menjelaskan bahwa definisi globalisasi adalah sebuah titik kritis sehingga dua sisi koin proses budaya global (dunia) sekarang ini (The critical point is that both sides of the coin of global cultural process today) menghasilkan banyak hal dan variatif yang dapat sama dan atau berbeda (are products of the infinitely varied mutual contest of sameness and difference on a stage )yang dikarakterisasi oleh perbedaan gangguan radikal antara aliran global dan ketidakjelasan batas batas wilayah akibat gangguan tersebut (Characterized by radical disjunctures between different sorts of global flows and the uncertain landscapes created in and through these disjunctures).
  7. Menurut bapak David Harvey, memberikan definisi Globalisasi sebagai pengecilan ukuran waktu dan tempat, “The compression of time and space“.
  8. Menurut Kenichi Ohmae dalam salah satu bukunya The Borderless World bahwa definisi globalisasi dapat diartikan sebagai terjadinya dunia tanpa batas.
  9. Definisi Globalisasi menurut Thomas Loren Friedman,seorang jurnalis di koran Newyork Times,  menjelaskan bahwa definisi globalisasi mempunyai dimensi ideologi (baca definisi ideologi) dan teknologi. Dimensi Ideologi (baca definisi ideologi) adalah pasar bebas dan kapitalisme, sedangkan dimensi teknologi ialah teknologi informasi yang sudah mempersatukan dunia.
  10. Definisi Globalisasi menurut Emanuel Ritcher yang menjelaskan globalisasi neoliberal bahwa definisi globalisasi adalah jaringan kerja global (global network) secara bersamaan menyatukan masyarakat (society) yang sebelumnya tersebar dimana mana dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  11. Definisi Globalisasi Achmad Suparman bahwa globalisasi adalah sebuah proses membuat setiap individu di dunia ini memiliki ciri dari benda atau perilaku tanpa dipengaruhi oleh batasan wilayah.
  12. Definisi Globalisasi menurut Martin Albrown bahwa definisi globalisasi adalah hubungan dan akumulasi dari seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal yaitu komunitas global .

Dengan beberapa definisi globalisasi diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa definisi globalisasi adalah “Proses penyatuan atau menyatukan hasil pemikiran dan atau tindakan manusia baik itu individu, kelompok maupun sebuah komunitas (masyarakat) terhadap seluruh wilayah di dunia ini.

Definisi dan Dampak Globalisasi

Definisi dan Dampak Globalisasi

Faktor Penyebab Globalisasi

Definisi globalisasi dan Penyebab globalisasi|  Globalisasi tidak mungkin terjadi tanpa adanya sebab. Faktor utama penyebab globalisasi terjadi di muka bumi ini disebabkan oleh perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan yang terlihat tanpa batas khususnya diwilayah komunikasi dan teknologi komunikasi. Selain faktor penyebab globalisasi tersebut, masih terdapat beberapa faktor penyebab globalisasi yang lain yaitu:

Dampak Positif Globalisasi dan Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi dan Dampak Negatif Globalisasi

  1. Faktor penyebab globalisasi yaitu semakin mudahnya pelaksanaan transaksi ekonomi seperti jual beli dan keuangan lintas wilayah seperti individu dari negara Indonesia dapat melakukan perdagangan dengan orang lain dari negara Malaysia bahkan Eropa seperti Jerman, Inggris dan Spanyol. Tentu saja hal ini disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan bidang transportasi seperti pesawat kargo dan lainnya.
  2. Penyebab globalisasi yang lainnya adalah adanya kemudahan dalam mengirim barang bahkan jasa lintas wilayah khususnya yang berbeda kebudayaan. Contohnya saja, pakaian yang berasal dari Amerika Serikat dapat dengan mudah dipesan dan dibawa ke Indonesia untuk dijual, hal ini membuat terjadinya penggabungan kebudayaan atau asimilasi atau bahkan dapat terjadi pergeseran kebudayaan dari segi berpakaian. Seperti kita tahu, pakaian orang timur sedikit tertutup sedangkan pakaian orang barat khususnya sekarang ini cukup terbuka.
  3. Dengan berkurangnya konflik antar negara, dan dirasakan perlunya hubungan internasional, penyebab globalisasi adalah semakin mudahnya terjadi kerja sama ekonomi antar negara.
  4. Ketersediaan sumber daya alam yang semakin menipis dapat menjadi faktor penyebab globalisasi. Hal ini dapat dijelaskan bila kita pandang dari segi investasi. Contohnya, minyak bumi dan emas. Freeport yang menjadi sumber daya alam dari segi logam mulia menjadi dasar bagi masuknya orang luar negeri ke Papua sehingga terjadi pertukaran budaya dan bahkan pengikisan budaya lokal masyarakat papua.
  5. Adanya sistem visa dan pertukaran siswa dan pelajar dari berbagai negara ke berbagai negara membuat semakin mudahnya terjadi globalisasi. Dengan Indonesia mengirimkan mahasiswanya ke Amerika Serikat maka akan semakin banyak dan mudah bagi warga Indonesia untuk menerima budaya Amerika Serikat.
  6. Peperangan dan konflik pun dapat menjadi penyebab terjadinya globalisasi.

Dampak Globalisasi

Dalam definisi globalisasi telah terang bahwa terdapat dampak yang timbulkan karena globalisasi.  Dampak globalisasi dijelaskan terdapat dua macam yaitu dampak globalisasi positif, dan dampak globalisasi negatif. Dampak globalisasi tersebut baik untuk makhluk hidup dan juga lingkungannya.

#Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif globalisasi dapat anda rasakan sekarang ini, contohnya:

  1. Berkembangnya pola hidup yang serba cepat yang mengingikan segalanya serba instan. Hal ini dapat dikatakan sebagai dampak positif globalisasi dikarenakan dengan hal tersebut, kebutuhan hidup masyarakat akan semakin terpenuhi. Hal ini membuat para peneliti dan pengusaha mencari jalan untuk mempercepat proses sesuatu menggunakan penelitian yang ada. Contohnya saja dengan adanya pertukaran teknologi, pertanian di Indonesia semakin maju dan cepat sehingga mampu memberi makan rakyat Indonesia.
  2. Perkembangan informasi dan teknologi yang lebih pesat dan maju: Hal ini tentu saja merupakan dampak positif globalisasi. Dengan adanya globalisasi dari negara negara maju seperti USA, Inggris, Spanyol, Belanda, Cina, dan Prancis di Indonesia, terjadi perkembangan teknologi yang sangat pesat dan maju. Hal ini dapat anda lihat dari berbagai bidang bahkan semua lini teknologi yang ada sekarang ini baik dari teknologi komunikasi, teknologi budidaya pertanian dan perkebunan, teknologi makanan, teknologi kesehatan dan medis, teknologi transportasi dan banyak lagi dan terutama internet. Contohnya dari Belanda adalah penanganan irigasi, pertanian, penanganan banjir.

#Dampak Negatif Globalisasi

Apabila terdapat dampak positif maka ada pula dampak negatif globalisasi. Sebenarnya dampak negatif ini hadir dikarenakan individu ataupun kelompok yang ada di dalamnya. Lebih jelasnya yaitu bagaimana cara penggunaan manfaat globalisasi tersebut bagi kehidupannya. Dalam hal ini, mereka menggunakannya dengan cara negatif atau merugikan. Berikut contoh dampak negatif globalisasi:

  1. Dampak negatif globalisasi dapat berupa terjadinya peningkatan kejahatan atau kriminal dan jenis kejahatannya atau pelanggarannya. Hal ini disebabkan adanya masuk budaya lain dan juga perkembangan teknologi yang membuatnya memiliki variasi variasi yang baru. Contohnya saja begal motor yang dulunya tidak ada, akan tetapi dikarenakan banyaknya motor dan kendaraan lain, contoh lain seperti perampokan menggunakan internet seperti Hacking.
  2. Dampak negatif globalisasi dapat berupa kemudahan masuknya paham paham yang menyesatkan yang menimbulkan konflik bahkan konflik berdarah dalam sebuah negara ataupun masyarakat.
  3. Dampak negatif globalisasi seperti terjadinya urbanisasi. Walaupun ini merupakan dampak industriliasasi, akan tetapi perkembangan industri disebabkan oleh adanya globalisasi yang mengakibatkan terjadinya percepatan kemajuan teknologi industri.
  4. Dampak negatif globalisasi adalah banyaknya warga negara tertentu yang melakukan pergantian kewarganegaraan dikarenakan tidak lagi puas dengan keadaan negaranya dan lebih memilih lari dari keadaan bukannya memperbaiki keadaan tersebut. Contohnya saja, banyak warga negara Indonesia yang beralih ke kewarganegaraan USA dikarenakan tingkat penghasilan dan kesejahteraan di USA lebih terjadi disana. Dengan adanya globalisasi, hal ini mempermudah dan memberikan jalan bagi mereka.
  5. Menurunnya semangat nasionalisasi dikarenakan bertambahnya pengetahuan akan negara lain dan masyarakat lain sehingga memunculkan keirian dan membandingkan kondisi negaranya dengan negara lain dan lebih memilih menyukai negara lain contohnya sebagian masyarakat sangat menyenangi bila bertamasya ke negara lain ataupun datangnya presiden USA, akan tetapi presiden sendiri selalu dihina dan kurang menghargai wilayah nasional mereka.
  6. Dampak negatif globalisasi dari segi industri dan tenaga kerja adalah terjadinya pengurangan tenaga kerja sehingga meningkatnya pengangguran pada negara tertentu.
  7. Munculnya sifat individualis dikarenakan kemudahan berkomunikasi melalui alat komunikasi, tidak lagi menggunakan mulut ke mulut secara langsung. Hal ini juga diakibatkan mereka menutup diri terlalu banyak dikarenakan perkembangan teknologi membuat mereka harus lebih menjaga privasi mereka.
  8. Hadirnya dan berlakunya pola hidup ataupun budaya yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita dan merusak moral warga negara  tersebut.

Bagaimanapun dampak negatif dari globalisasi, apabila negara dan masyarakatnya bertekad hanya menggunakannya untuk kemanusiaan dan kesejahteraan bagi lingkungan dan manusia lain, maka globalisasi akan lebih bermanfaat atau dampak positif globalisasi akan lebih kental. Contohnya saja apabila negara tidak menangani dengan baik masalah perzinahan di Indonesia, maka ini akan diserap dalam budaya Indonesia dan akan semakin merusak moral bangsa.

Demikianlah artikel tentang definisi globalisasi, faktor penyebab globalisasi dan dampak globalisasi. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Sekian dan terima kasih.

loading…


Definisi Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×