Cara Membuat Donat Cepat Mudah dan Praktis

loading…


Selamat pagi pembaca cara membuat praktis di learniseasy.com, kali ini akan kami jelaskan tentang cara membuat donat. Seperti yang kita ketahui, donat adalah makanan yang baik dikonsumsi dan menjadi makanan di pagi dan sore hari yang terbuat dari mentega, terigu, susu, dan ragi serta telur. Donat umumnya berbentuk bundar dengan lobang ditengahnya yang memudahkannya untuk dibedakan dengan kue lain. Donat katanya pertama kali dibuat oleh Seorang kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregrory. Ada beberapa kue di dunia ini yang mirip dengan donat tapi bukan donat seperti paczki yang anda dapat temukan di polandia, Sufganiyah di Israel, Beignet di Prancis, Malasada di Hawaii, dan Berliner di Jerman. Dibawah ini terdapat bahan dan alat serta cara dalam membuat donat yang cepat mudah dan praktis, tidak perlu ribet dan berpikir keras apakah donatnya akan jadi atau tidak, ikuti saja langkah ini maka donat pertamamu akan jadi , baru kemudian kalian berkreasi dengan resep donat yang anda miliki

Cara Membuat Donat

Bahan Dalam Membuat Donat

  1. Terigu
  2. Gula halus
  3. Telur Ayam
  4. Susu
  5. Mentega
  6. Minyak goreng
  7. Terigu
  8. Garam
  9. Ragi

Alat Dalam Membuat Donat

  1. 2 Baki
  2. Wajan penggorengan (sebaiknya yang rata bukan yang cekung)
  3. Aluminium foil atau cling wrap
  4. Pisau untuk memotong
  5. Sarung tangan plastik (sanitasi penting)
  6. Alat Mengulen (Bisa juga pake tangan)
  7. Kain penutup yang bersih
  8. Mangkok besar
Cara membuat donat cepat mudah dan praktis
Cara membuat donat- Donatnya cantik yah

Langkah Langkah Dalam Membuat Donat

Cara membuat donat yang cantik
Cara Membuat Donat Cantik
Cara membuat donat| Berikut langkah langkah yang harus anda ikuti dalam membuat donat, langkahnya mudah, praktis dan cepat, tidak rumit kok untuk membuat donat yang sesuai dengan rasa yang anda ingin kan.

 

  • Campur Terigu, garam dan ragi bersama sama dan buat sebuah lubang ditengahnya
  • Campurkan kuning telur, susu dan mentega yang dicairkan kedalam lubang yang anda buat lalu satukan kembali menggunakan alat pemotong ataupun pisau palet.
  • Satukan adonan menjadi adonan yang basah dan kasar kemudian tutupi selama 10 menit, hal ini membantu gluten untuk mengembang.

 

Setelah mempersiapkan adonan dalam membuat donat, kita masuk kedalam proses akhir dalam cara membuat donat.

 

  • Sebelum menaruh adonan, beri minyak goreng pada permukaan meja untuk membentuk adonan agar tidak lengket.
  • Lakukan pengulenan pada adonan kurang lebih 5 sampai 10 menit hingga adonan donat halus dan kenyal.
  • Masukkan adonan kedalam mangkuk yang telah diberi sedikit minyak
  • Tutupi dan tinggalkan hingga adonan donat mencapai 2 kali ukuran biasanya (umumnya selama 1-2 jam).
  • Kembali lakukan pengulenan secara ringan, kemudian potong potong menjadi ukuran donat yang sesuai dengan keinginan anda
  • Bentuk adonan donat yang telah anda potong menjadi bundar dengan lubang ditengahnya
  • Kemudian putarkan adonan donat tersebut dengan ibu jari anda ditengah lubang agar menghasilkan donat yang halus pada permukaan luar dan dalamnya serta pada permukaan atas dan bawahnya
  • Setelah itu, susun adonan donat yang telah berbentuk donat (bundar) pada baki yang telah diberi (diolesi) minyak, tutupi dengan aluminium foil atau cling wrap yang telah diolesi minyak dan tinggalkan donat hingga  30 menit atau satu jam hingga mendekati 2 kali ukuran aslinya.
  • Taruh minyak pada wajan penggorengan secukupnya kemudian panaskan hingga suhu mencapai 180 Celsius.
  • Kemudian goreng donat yang telah anda tinggalkan di baki, untuk hasil yang lebih variatif pada donat nya, balik donat menggunakan spatula berlubang agar mendapatkan corak tertentu.
  • Angkat donat yang telah matang, usahakan jangan terlalu lama di goreng karena nanti hangus, taruh di piring atau baki yang berisi gula halus, taburi seluruh lapisan donat setelah semua donat selesai.
  • Gunakan sendok garpu untuk membuat lobang pada donat untuk membebaskan udara yang terjebak dalam donat, ini untuk membuat donat lebih ringan karena donat terasa lebih berat saat tidak diberi lobang kecil untuk mengelurkan udara yang terjebak

 

Sekian ulasan tentang cara membuat donat cepat mudah dan praktis, saya harapkan anda lebih berkreasi lagi dalam membuat donat, seperti anda dapat menambahkan rasa tertentu setelah penambahan gula halus, mungkin donat dengan lapisan keju atau donat dengan lapisan coklat dan keju atau bisa juga donat dengan lapisan sambal terasi.
Berikut video tentang cara membuat donat yang terbaik, dengan cepat mudah dan praktis…


loading…


Cara Membuat Donat Cepat Mudah dan Praktis | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×