Cara Membuat Blog: Setting Basic di Blogger

loading…


Caramembuatpraktis| Kali ini, akan dijelaskan tentang kelanjutan dari cara membuat blog di blogger, yaitu  setting atau pengaturan basic atau dasar di blogger dashboard. Untuk memaksimalkan blog anda dalam pencarian google search engine (Search engine optimization) anda perlu tahu tentang pengaturan ini setelah membuat blog.
Pada Bagian Pengaturan Dasar, (gambar dibawah) anda akan menemukan beberapa item yang perlu anda isi/edit sesuai dengan tema serta blog yang anda buat. Item seperti judul blog, deksripsi blog, privasi atau bagaimana pembaca yang anda butuhkan untuk blog anda. Kemudian pada item Penerbitan, anda akan menemukan alamat blog anda. Kemudian pada bagian izin seperti pengarang blog atau author blog. dan terakhir pada bagian pembaca blog anda.

Setting Basic Blog: Dasar

Pada pengaturan dasar, anda harus mengisi judul anda  sesuai dengan tema blog anda atau isi blog anda. Klik edit untuk memasukkan blog anda. Pada item judul dapat anda lihat saya isi dengan “Cara Membuat Blog Cepat Dan Praktis”. Hal ini anda butuhkan karena akan mempermudah google untuk mengklasifikasikan blog anda agar mudah terbaca di search engine google.
Kemudian edit (klik edit) pada deskripsi untuk menjelaskan bahwa blog anda itu tentang apa. Dapat anda isi dengan subkategori atau review tentang sebagian tulisan anda contoh “Blog tentang berbagai cara membuat seperti blog, email, setting blog dan lainnya dengan cepat dan praktis”.
Bagian Privasi, anda dapat mengatur apakah ini blog anda ingin rahasiakan dari publik atau tidak. Bila iya edit privasi blog anda, bila tidak biarkan saja seperti itu.
cara membuat blog: Setting basic di blogger 1
Cara Setting Dasar di Blog

Cara Setting Penerbitan

Pada bagian penerbitan (Publish) di pengaturan dasar atau setting dasar di blog, anda dapat mengatur tentang alamat blog anda. Bila anda ingin mengganti nama blog anda, klik saja edit, kemudian ganti.
Apabila ada kesamaan dengan nama website atau blog yang lain, maka tidak dapat terjadi pergantian. Ingat bahwa hal ini akan membuat semua backlink dan search engine index anda akan hilang bila anda mengganti nama blog anda.
Kemudian, pada bagian ini anda juga dapat mengatur setting domain anda apabila anda membeli  domain tanpa hosting. Dengan menggunakan TLD, anda akan mengarahkan atau redirect alamat blog anda ke alamat TLD anda. “Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog saya”, dengan mengklik pilihan tersebut anda akan diarakan untuk mengisi alamat hosting anda dan beberapa item lainnya. Baca di cara membuat blogspot menjadi com dan pengaturannya.

Cara Pengaturan Izin (Permissions)

Pada bagian izin (Permissions) di setting dasar blog di blogger, anda dapat menambahkan ataupun mengurangi penulis di blog anda sehingga anda tidak perlu memberikan alamat dan password email anda ke penulis yang anda tunjuk. Caranya sangat mudah, anda tinggal klik “Tambahkan Pengarang” atau “Add Author” kemudian tulis alamat emailnya contoh “[email protected]”, ingat tanpa tanda kutip yah.
Untuk menambahkan beberapa email sekaligus, klik enter atau tulis dibawahnya. Setelah itu undangan akan masuk ke email penulis untuk diterima dan setelah membuka email akan diarahkan ke akun blog mereka yang telah ada blog baru yang mereka telah diterima menjadi penulis.
Baru setelah mereka menerima dan menjadi penulis anda dapat menaikkan tingkatan izin mereka menjadi admin atau tidak. Dengan menjadi penulis, mereka hanya dapat mengedit, menulis tulisan dan mengirim tulisan (publikasi) dan melihat statistik, akan tetapi saat menjadi admin mereka mampu mengatur semuanya. Ingat setiap admin memiliki izin yang sama sehingga mampu menghilangkan level admin masing masing.
Jangan menggunakan admin yang anda tidak percaya untuk blog anda, karena dapat diubah kepemilikan ke gmail yang lain.
Kemudian setting pembaca blog anda, bila anda ingin umum, tidak perlu lakukan perubahan, namun apabila anda ingin hanya anggota blog saja yang membaca, maka klik edit.
cara membuat blog: Setting basic di blogger
Tampilan pengaturan dasar di blog dashboard

Sekian ulasan singat tentang cara membuat blog: Setting Basic di Blogger. Saya harap anda langsung praktikan cara ini setelah anda membuat blog. Wassalam.

loading…


Cara Membuat Blog: Setting Basic di Blogger | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×