Cara Membuat dan Penulisan Daftar Pustaka Untuk Karya Tulis Ilmiah (Lengkap)

loading…


Apa itu Daftar Pustaka?

Cara Membuat Praktis |Daftar pustaka adalah bagian dari karya ilmiah baik itu artikel, skripsi, makalah, jurnal, buku,internet, dan bentuk lainnya yang berisi tentang sumber sumber materi yang digunakan didalamnya.
Daftar pustaka wajib dibuat untuk sebuah karya ilmiah. Dengan adanya daftar pustaka tersebut, pernyataan dan apa yang kita buat dalam tulisan tersebut memiliki pendukung sehingga dapat dikatakan karya tulis tersebut dapat dipercaya.
Apabila anda membuat karya tulis tanpa menggunakan daftar pustaka sedikitpun walaupun pada dasarnya anda mengambil beberapa referensi, maka anda dapat dikatakan plagiator dan melanggar undang undang hak cipta. Hal ini bertambah parah bila tidak ada catatan kaki dalam karya tulis ilmiah anda.
Jadi, bagaimana cara membuat daftar pustaka untuk karya tulis ilmiah. Menurut beberapa referensi yang saya baca, metode harvard style for reference merupakan daftar pustaka yang paling baik dan ilmiah.
Adapun untuk jurnal medis dan biomedis ada baiknya menggunakan metode vancouver style. Hal ini karena daftar pustaka membutuhkan cititation atau catatan kaki, menggunakan harvard style untuk jurnal medis yang membutuhkan banyak referensi akan memperumit penulisan sedangkan menggunakan vancouver style yang menggunakan penanda angka pada cititationnya membuatnya lebih mudah.
Mari baca, saya akan jelaskan secara rinci tentang cara membuat daftar pustaka untuk karya tulis ilmiah menggunakan metode harvard style.

Cara Membuat dan Penulisan Daftar Pustaka: Harvard Style

Sebelum saya berikan contoh membuat daftar pustaka menggunakan harvard style, anda harus mengetahui beberapa dasar penulisan daftar pustaka untuk harvard style.
Dasar Dasar:
Sistem Harvard Style merupakan daftar pustaka atau metode atau sistem penulisan referensi menggunakan penulis dan tanggal/waktu. Dalam membuat daftar pustaka harus disertai adanya cititations atau catatatan kaki dalam isi anda dan disesuaikan dengan daftar pustaka anda. Kemudian pada bagian terakhir, yaitu daftar pustaka, semua catatan kaki akan dirangkum dalam daftar pustaka yang disusun secara alfabet (A ke Z) berdasarkan penulis atau sumber tulisan.
Dalam membuat daftar pustaka menggunakan harvard style tidak diharuskan menggunakan huruf kapital untuk penulis akan tetapi bila anda ingin menggunakan kapitalisasi atau huruf besar semuanya pada nama penulis (author), maka dapat dilakukan akan tetapi pada bagian isi atau cititation tidak perlu dilakukan. Bila anda tidak akan menggunakan kapitalisasi maka itu juga tidak apa apa. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat daftar pustaka adalah konsisten dengan gaya penulisan yang anda gunakan.
Pada bagian judul sumber anda dalam membuat daftar pustaka anda dapat menggunakan italics atau huruf miring ataupun underlining (garis bawah), anda dapat memilih salah satu gaya penulisan tersebut tapi tidak boleh keduanya.
Pada penggunaan punctuation atau tanda baca atau penggunaan simbol tertentu seperti tanda tanya, titik, koma atau pun spasi tidak dibatasi secara terang dalam harvard style. Yang harus anda ingat adalah dalam membuat daftar pustaka, sekali anda menggunakan gaya tersebut, maka tetap dengan gaya tersebut dalam satu karya tulis tersebut.

Cara membuat Daftar Pustaka Berdasarkan Jumlah Penulis Buku

Penulisan Daftar Pustaka Satu Penulis

Daftar pustaka dengan satu penulis menggunakan urutan penulisan yaitu :
nama keluarga penulis atau nama belakang, inisial nama depan. (Tahun publikasi dalam kurung) Judul Buku. judul seri atau edisi dan volume ke berapa bila ada. Tempat atau lokasi penerbit: Penerbit.
(Jangan diwarnai seperti diatas yah daftar pustakanya, pewarnaan diatas agar anda dapat lebih mengerti)
Contoh daftar pustaka untuk satu penulis
NEVILLE, C. (2010) The Complete Guide to Referencing and Avoiding Plagiarism. 2nd Ed.                        Maidenhead: Open University Press.
Jalaluddin. (2013) Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Untuk edisi pertama dalam penulisan daftar pustaka tidak perlu anda lakukan. Bila buku tersebut adalah edisi kedua ataupun jilid kedua maka harus anda tuliskan.
Pada cititations atau catatan kaki, maka pada isi ata paragraf atau kalimat tersebut menggunakan contoh seperti dibawah:

Neville (2010) berpendapat bahwa……..

atau pada bagian ujung kalimat yang digunakan catatan kaki seperti dibawah ini

(Neville, 2010, p.76)

Cara Membuat daftar Pustaka untuk karya tulis ilmiah
Cara Membuat dan Menulis Daftar Pustaka

Penulisan Daftar Pustaka Dua atau Tiga Penulis

Untuk referensi menggunakan dua atau tiga penulis pada karya tulis ilmiah menggunakan harvard style menggunakan urutan seperti dibawah ini:

Nama keluarga penulis atau nama belakang, inisial nama depan., Nama keluarga penulis atau nama depan, inisial nama belakang. (Tahun publikasi dalam kurung) Judul Buku. judul seri atau edisi dan volume ke berapa bila ada. Tempat atau lokasi penerbit: Penerbit.

BRADBURY, I., BOYLE, J. and MORSE, A. (2002) Scientific Principles for Physical Geographers. Harlow: Prentice Hall.
Singarimbun, M. dan Sofian, E. (1985) Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Untuk dua ataupun penulis, tidak perlu gunakan (,) sebelum dan. Untuk penulisan cititations pada isi atau paragraf atau kalimat yang digunakan, seperti dibawah ini:

Bradbury, Boyle and Morse (2002)…
As noted by Bradbury, Boyle and Morse (2002)………………..
………………………. (Bradbury, Boyle and Morse, 2002, p.51)

Penulisan Daftar Pustaka Empat atau Penulis

Dalam membuat daftar pustaka atau penulisan sumber yang ditulis oleh 4 atau lebih author atau penulis maka menggunakan aturan dibawah ini:
Nama keluarga penulis atau nama depan, inisial nama belakang. et al atau bisa juga dkk. (Tahun publikasi dalam kurung) Judul Buku. judul seri atau edisi dan volume ke berapa bila ada. Tempat atau lokasi penerbit: Penerbit.
Saya sarankan dalam memilih penulisan dkk atau et al, sesuai dengan karya tulis yang dimaksud, apabila berhubungan dengan internasional ada baiknya menggunakan et al karena berlaku universal.
Contoh penulisan daftar pustaka yang 4 atau lebih penulis.
CAMPBELL, N. A. et al. (2008) Biologi. Edisi Kedelapan. London: Pearson.
Contoh cititations atau penulisan catatan kaki dalam isi, paragraf atau kalimat yang digunakan seperti dibawah ini:

 (Campbell et al., 2008)……………………………
………………………………………………………………………………..(Campbell et al., p.76)

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Editor Buku

Dalam menuliskan karya tulis, anda mungkin akan mengambil sumber dari buku yang ditulis dari editornya.
nama keluarga penulis atau nama belakang, inisial nama depan. (ed.). (Tahun publikasi dalam kurung) Judul Buku. judul seri atau edisi dan volume ke berapa bila ada. Tempat atau lokasi penerbit: Penerbit.
Sebagai contoh daftar pustaka, ada dibawah ini:

FONTANA-GIUSTI, G. (ed.) (2008) Designing Cities for People: Social, Environmental and Psychological Sustainability. London: Earthscan.

Untuk penulisan cititations atau catatan kaki, seperti ini:

(Fontana-Giusti. 2008)

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Penulis pada Bab Tertentu

Pembaca cara membuat praktis, ada kalanya anda akan mengambil sumber dari buku yang terdiri atas beberapa bab yang berbeda penulis. Oleh karena itu, harvard style memberikan perbedaan cara penulisan pada daftar pustaka untuk tipe ini. Berikut urutan penulisan daftar pustaka untuk penulis pada bab tertentu.

Nama Keluarga atau Nama Belakang, inisial nama depan yang menulis pada bab tersebut. (Tahun terbit). Judul pada bab tersebut. In: Nama keluarga atau nama belakang, inisial nama depan. Judul buku. Series atau volume atau edisi keberapa. Tempat penerbit: Penerbit.

Untuk penulis buku sebagai editor menggunakan cara membuat daftar pustaka dibawah ini:

Nama Keluarga atau Nama Belakang, inisial nama depan yang menulis pada bab tersebut. (Tahun terbit). Judul pada bab tersebut. In: Nama keluarga atau nama belakang, inisial nama depan. (Ed.). Judul buku. Series atau volume atau edisi keberapa. Tempat penerbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka yang seperti diatas:

MARSHALL, W. A. (1975) The Child as a Mirror of his Brain’s Development. In SANTS, J. & BUTCHER, H. J. (eds.). Development Psychology. Aylesbury, Bucks: Hazell Watson & Viney Ltd.

 

Kata “in” pada judul buku, apabila karya tulis yang anda buat dalam bahasa Indonesia menggunakan kata “Dalam” dan kata “and” menggunakan kata “dan”.
Dalam penulisan cititations, menggunakan cara seperti ini
As noted by Marshall (1975)…………………………….
…………………………………..(Marshall, 1975, p.76)
Seperti yang dituliskan oleh Marshall (1975)…………………………………………….

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Perusahaan atau Instansi Pemerintah

Dalam menuliskan karya tulis yang ilmiah, kurang rasanya bila tak ada sumber dari instansi pemerintah, perusahaan ataupun dari lembaga lemabaga lainnya, seperti lembaga kesehatan, LSM, dan lainnya. Oleh karena itu, dalam menuliskan daftar pustaka anda harus tahu bagaimana cara membuat daftar pustaka untuk hal tersebut. Berikut aturan penulisan daftar pustakanya.

Negara. Agensi atau Yang mengeluarkan isu atau pernyataan atau dokumen atau data tersebut. (Tahun publikasi dalam kurung) Judul Publikasi. Tempat terbit: Penerbit. (Nomor laporan atau dokumentasi dalam kurung bila ada anda temukan).

Aturan penulisan diatas berlaku untuk harvard style yang ditulis di luar negeri, untuk Indonesia, karya tulis ditulis dengan aturan dibawah ini.

Agensi atau Yang mengeluarkan isu atau pernyataan atau dokumen atau data tersebut. Negara.  (Tahun publikasi dalam kurung) Judul Publikasi. Tempat terbit: Penerbit. (Nomor laporan atau dokumentasi dalam kurung bila ada anda temukan).

Contoh penulisan daftar pustaka:

GREAT BRITAIN. DEPARTMENT OF ENERGY. (1977) Tidal Power Barrages in the Severn Trent Estuary: Recent Evidence on their Feasibility. London: H. M.S. O. (Energy Papers 23).

Dalam penulisan cititations atau catatan kaki, dituliskan seperti dibawah ini:

The Great Britain Department of Energy (1977) concluded that…………………………

…………………………………………(Great  Britain, Department of Energy, 1977, p.12).

Penulisan Daftar Pustaka Untuk E-Book

Anak muda dan peneliti jaman sekarang banyak menggunakan e-book sebagai sumber karya tulis ilmiah nya, akan tetapi, sering mereka menggunaan cara penulisan daftar pustaka yang kurang baik yang tidak sesuai dengan harvard style. Berikut cara pembuatan atau penulisan daftar pustaka untuk e-book yang benar.

Nama Keluarga atau nama belakang. Inisial nama depan. (tahun terbit) Judul buku. [Online]. Judul Tulisan atau Series atau edisi atau volume bila ada. Tempat terbit: Penerbit. Available from : Url halaman. [Accessed: tanggal akses kalian].

Untuk karya tulis Indonesia kata “Online” sering diganti “Internet” akan tetapi saya sarankan jangan diganti. Kemudian untuk kata “available from” dapat anda ganti dengan kata “Tersedia di”. Kata “Accessed” diganti dengan “Diakses pada”. Untuk lebih paham, lihat contoh dibawah ini.

SAMUEL, P. (2003) Strategic Management. [Online] Sterling. VA Kagan Page. Tersedia di: http://www.netlibrary.com/reader/.[Diakses pada: 3 Juli 2015].

Untuk penulisan cititation atau catatan kaki dapat anda tuliskan dengan cara berikut:

Sadler (2003) berpendapat bahwa……..
…………………………………………(Sadler, 2003, p.18).

Penulisan Daftar Pustaka Dari Film (DVD, VHS, Disk Blue-ray)

Penulisan daftar pustaka untuk sumber dari film juga telah diatur dalam harvard style, aturan penulisan daftar pustaka seperti dibawah ini.

Judul dalam huruf miring. (Tahun terbit atau distribusi) Tipe Material atau Tipe Film. Disutradarai oleh-nama sutradara. [Format Film atau format sumber seperti DVD, VHS dan lainnya] Tempat perusahaan distribusi berdiri. Perusahaan distribusi.

Contoh daftar pustaka dari film seperti berikut:
Chicken Run. (2000) Film Animasi. Disutradari oleh Peter Lord dan Nick Park. [VHS] UK: Pathe Distribution.
Requiem for a Dream. (2000) Film. Disutradarai oleh Darren Aronofsky. [DVD] UK: Momentum Pictures.
Dalam penulisan cititations, dapat anda tuliskan dalam paragraf atau kalimat anda seperti ini

…………………….pergerakan animasi(Chicken Run, 2000)
…Harry sebagai sorotan dapat anda lihat dalam film Requiem for a  Dream (2000).

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Jurnal dari Internet/Online

Cara Membuat daftar Pustaka untuk karya tulis ilmiah 1
Daftar Pustaka untuk Jurnal
Pada berbagai karya tulis ilmiah dapat anda perhatikan pada daftar pustakanya terdapat beberapa jurnal dari internet atau online yang diambil, umumnya tetap dalam bentuk html atau diarahkan kepada beberapa halaman sebagian kemudian dapat diunduh atau download file pdfnya. Untuk artikel atau jurnal yang berbayar untuk mengambilnya dapat anda arahkan alamat url nya ke homepagenya akan tetapi untuk yang gratis harus anda sediakan alamat lengkap url file tersebut. Berikut aturan penulisan daftar pustaka untuk jurnal online.

Nama belakang atau nama keluarga penulis artikel. (Tahun terbit) Judul artikel. Judul Jurnal huruf miring. [Online] Nama database artikel dari tempat kita ambil. Nomor volume (Untuk nomor bagian atau bulan dalam kurung). hlm. diikuti oleh nomor halaman artikel tersebut. Tersedia di: Url. [Diakses pada: tanggal].

Contoh penulisan daftar pustaka diatas adalah:

FRANSIS, J. (1995) Enter the Cyberpunk librarian: future directions in cyberspace. Library Review. [Online] Cisco Database 44 (8). hlm.63-72. Tersedia di: http://www.emeraldinsight.com.  [Diakses pada: 30 January 2012].

Cara penulisan catatan kaki atau cititations sebagai berikut:

Fransis (1995) berpendapat bahwa…..

……………………………………………….. (Fransis,  1995, hlm.66)

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Jurnal Dalam Bentuk Buku

Hal seperti ini jarang digunakan oleh penulis karya ilmiah karena sangat jarang penulis memiliki jurnal ilmiah dalam bentuk buku kecuali para peneliti ulung dan banyak uang. Untuk sekarang ini, untuk jurnal tertentu dapat pula anda temukan dalam perpustakaan akan tetapi hanya dalam jumlah yang sangat sedikit. Berikut cara penulisan daftar pustaka untuk jurnal dalam bentuk buku.

Nama belakang penulis. Inisial nama belakang. (Tahun Terbit) Judul Artikel. Judul Jurnal dalam tulisan miring. Nomor volume (Bagian angka dan bulan dalam kurung). hlm.diikuti oleh nomor halaman.

Contoh pembuatan daftar pustaka menggunakan jurnal dalam bentuk buku

TOMPHSON, K. & BLACKSEE, S. (2000) Did you  hear the one about Frans Operators? Incorporating drama into the library induction. Reference Services Review. 28 (4). hlm.369-378.

Dalam penulisan cititations atau catatan kaki, dapat anda tuliskan seperti ini:

Tomphson dan Blacksee (2000) berpendapat bahwa……………………………………
…………………………………………… (Tomphson dan Blacksee, 2000, hlm.376)

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Koran atau Majalah

Artikel atau karya tulis ilmiah yang sering menggunakan sumber dari koran ataupun majalah. Oleh karena karya tulis ilmiah, kita harus menggunakan aturan yang benar yang sesuai dengan harvard style. Berikut cara pembuatan daftar pustaka untuk koran atau majalah ilmiah.

Nama Belakang Penulis artikel, Inisial nama depan. (Tahun terbit) Judul artikel. Nama Koran tersebut memakai model italic. [Online] Nama database artikel. Hari dan bulan atau tanggal artikel tersebut. Halaman artikel tersebut bila ada. Diambil dari: URL. [Diakses pada: tanggal].

Contoh Daftar Pustaka

ROEM, J. (2008) Researchers find animal that can count up to five. New York Times. [Online] 26 Februari. hlm.14. Diambil dari: http://newyorktimes.co.uk. [Diakses pada: 15 Januari  2015].

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Website

Untuk Sumber yang menggunakan website tertentu, harvard style memberikan aturan dalam pembuatan daftar pustaka. Berikut aturannya.

Nama Belakang penulis tersebut, Inisial atau nama website bila nama author tidak ada. (Tahun terbit) Judul Websiter tersebut dalam huruf miring. Nomor series atau bagian website tersebut bila ada. [Online] Tersedia di: URL. [Diakses pada: tanggal].

Contoh:

BBC NEWS. (2009) Factory gloom worst since  1980. [Online] Tersedia di: http://news.bbc.co.uk/1/hi/business/7681569.html. [Diakses pada: 15 Maret 2015].

Untu penulisan cititations atau catatan kaki, dapat anda tuliskan dalam bentuk seperti ini:

Seperti yang dilaporkan oleh BBC (2009) bahwa……………………….

atau seperti ini: ………………………………………(BBC, 2008).

Sekian ulasan lengkap tentang cara membuat daftar pustaka untuk karya tulis ilmiah. Saya harap anda mengaplikasikan dengan benar cara penulisan dan pembuatan daftar pustaka ini.
Cara Membuat daftar Pustaka untuk karya tulis ilmiah 3
Hargai mereka yang membuat buku ini- Cara membuat daftar pustaka

loading…


Cara Membuat dan Penulisan Daftar Pustaka Untuk Karya Tulis Ilmiah (Lengkap) | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×